Wednesday, December 5, 2012

Cara Mengatasi BlackBerry Lemot: Optimalisasi Memory RAM

Tak pelak BBM (BlackBerry Messenger) merupakan fitur yang paling banyak dan populer di kalangan pengguna BlackBerry. Fitur ini pula lah yang menjadikan BlackBerry masih bertahan di Tanah Air menghadapi gempuran smartphone Android dan iOS.

Namun terkadang kinerja BB yang menjadi lelet dan BBM lemot sering membuat kesal. Tak jarang saking keselnya kamu ampe mo banting tu BB. Waah! Jangan dunk kasih ke saya ajah. Hahaha..

Loading BB lemot ataupun lelet itu disebabkan juga karena memory RAM yang tidak optimal. Jika kamu bisa "membebaskan" memory RAM yang tidak perlu, maka kinerja BB juga bisa optimal. Karena semakin banyak memory RAM yang bebas (tidak terpakai), semakin cepat pula kinerja smartphone; baik membuka aplikasi, me-loading game ataupun saat browsing internet.

Seperti yang kita tahu, RAM BlackBerry itu bervariasi ukurannya; mulai dari 256 MB, 512 MB, 768 MB dan seterusnya. Sementara untuk upgrade memory RAM smartphone masih hal yang hampir mustahil dilakukan orang kebanyakan, berbeda dengan memory RAM PC atau laptop.

So, satu-satunya cara agar BB kamu tidak lemot dan lelet, kamu wajib mengoptimalkan memory RAM BlackBerry kamu, seperti di bawah ini:

  1. Cara paling mudah mengoptimalkan BB adalah menghapus SMS, email, MMS yang tidak penting atau tidak digunakan lagi. Prioritaskan untuk menghapus email yang berisi lampiran (attachment) besar seperti video, gambar, atau file akan memakan resource yang besar pula.
  2. BlackBerry Application Management
  3. Aplikasi dan tema yang sudah tidak kamu gunakan, sebaiknya dihapus saja. Dengan demikian kinerja BB tidak tersa berat. Caranya pada OS 6.xx masuk ke Options » Device » Application Management.
  4. Kalau di BB kamu ada terinstall Bahasa Jepang, Spanyol, Potugis, Cina, Melayu, bahkan Bahasa Jowo atau yang lainnya yang jarang kamu pake, hapus aja. Satu bahasa aja udah cukup kok; Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia, pilih saja salah satu. Checklist saja bahasa dari menu berikut:
    • Untuk BlackBerry OS 5, masuk ke SetUp » SetUp Wizard » Language » Next
    • Untuk BlackBerry OS 6 dan 7, masuk ke SetUp » Language
  5. Tiap kali kamu browsing internet, cache, cookies ataupun history akan "ditanamkan" ke browser. Untuk menyegarkan kembali, bersihkan dengan masuk ke Browser, lalu dari Menu pilih Options dan dari "Clear Browsing Data:", centang History, Cookies dan Cache, lalu klik tombol "Clear Now".
  6. Bersihkan catatan kejadian (event log) BlackBery dengan menekan ALT + L G L G atau dari Options » Security » Advanced Security Settings » Memory Cleaning, lalu centang "Enable" dan klik tombol "Clean".

Khusus untuk tips no. 3, jika di BlackBerry tidak ada opsi Bahasa Indonesia, bisa jadi BB kamu bukan garansi resmi. Kamu bisa cek dengan mengikuti Tips Membeli BlackBerry Baru Maupun Bekas.

No comments:

Post a Comment