Thursday, December 6, 2012

April 2013, Samsung Galaxy S IV dengan Layar Anti-Pecah

Smartphone andalan raksasa elektronik Korea Selatan, Samsung Galaxy S IV dirumorkan akan segera launching pada April 2013. Meski belum ada keterangan resmi dari Samsung namun para analis meyakini hal tersebut.

Menarik untuk diperhatikan, spesifikasi yang paling mendasar untuk diamati bukanlah prosesor ataupun kamera, tapi adalah layar. Lho kok? Nggak penting banget kayaknya.

Menurut isu yang bisa dipercaya, Samsung akan merilis layar anti-pecah dan anti-gores yang akan disematkan pada Samsung Galaxy S IV. Bahkan bukan hanya anti-pecah, anti-gores, layar fleksibel dan bisa dilipat bisa saja diadopsi oleh Samsung Galaxy SIV atau SV pada tahun 2014.

Mengapa urusan layar ini menjadi penting? Kita yang awam juga bisa mengira-ngira fitur layar yang seperti di atas akan memakan banyak dana dan resource. Sebegitu pentingkah; layat nati-pecah, anti gores, serta fleksibel bahkan bisa dilipat disematkan ke smartphone Samsung masa depan?

Kalau melihat artikel majalah Time yang menyebutkan bahwa Apple telah menghabiskan dana sebesar US$ 6 milyar atau setara Rp 9,61 triliun untuk perbaikan iPhone sejak tahun 2007. Perbaikan apa yang dimaksud?

Yang jelas isu yang berkembang, Apple dalam berbagai percobaannya sering menjatuhkan perangkat iPhone dari ketinggian tertentu. Dan dalam percobaan tersebut yang paling sering mudah hancur adalah layar. Kurang kerjaan banget yah? Wkwk

Model Samsung Galaxy (inset: Exynos 5 ARM)

Itu sih belum seberapa? Dalam rangka meningkatkan kualitas, Apple bahkan menjatuhkan perangkatnya ke dalam air. Serangkaian tes yang unik dan sedikit aneh buat kita, namun rasional untuk diterapkan, mengingat teknologi adalah dinamis pergerakannya. "Lebih baik berlari daripada berjalan cepat". (y)

So, wajar Samsung berusaha meningkatkan teknologi "anti-pecah" khususnya dalam hal layar. Apalagi seperti yang kita tahu, Samsung dan Apple adalah dua raksasa besar sekaligus dua rival terbesar sepanjang sejarah smartphone. Bahkan bisa dibilang perang dunia telah digelar Samsung dan Apple.

Selain memperkuat kualitas layar, Samsung Galaxy S IV juga di-isukan akan mengadopsi prosesor quad-core Exynos 5, ARM Cortex-A15, layar 4,99 inchi dengan 1080p ber-densitas 440 ppi (pixels per inch), dan kamera 13 MP.

Memperhatikan perkembangan kompetitor yang terus merangsek, sebaiknya Samsung bergesa, iPhone 6 akan segera muncul pada pertengahan tahun 2013. Belum lagi rumor iPhone 5S yang menyeruak ke seluruh belahan dunia. Cukup berdasar jika media lokal Korea meyebutkan bahwa Galaxy SIV akan dimunculkan pada Mobile World Congress pada Februari 2013.

Samsung Galaxy S IV harus segera mencuri start!

No comments:

Post a Comment