Sunday, December 30, 2012

Cara Isi Ulang Pulsa Telkomsel (simPATI, Kartu AS)

Telkomsel mempunyai dua produk layanan seluler; yakni prabayar dan pascabayar. Jika pascabayar adalah sistem abondemen yang pembayaran pulsa-nya melalui penagihan, maka prabayar adalah kebalikannya; pengguna diharuskan mempunyai sejumlah saldo pulsa terlebih dahulu untuk bisa menggunakan layanan seluler.

Produk pascabayar dari Telkomsel adalah Kartu HALO. Sedangkan produk prabayar sendiri adalah simPATI dan Kartu AS. Meskipun sama-sama prabayar, simPATI dan Kartu AS memiliki diferensiasi segmen yang berbeda.

Nah, berhubung isi pulsa hanya diperlukan untuk kartu prabayar, tentu cara isi pulsa berikut adalah cara isi pulsa produk prabayar Telkomsel yakni simPATI dan Kartu AS.

Meskipun simPATI dan Kartu AS mempunyai segmen/kelas yang berbeda, namun cara isi pulsa keduanya adalah sama. Pun harga pulsa kedua produk prabayar T-sel saat ini sudah termasuk PPN.

Cara Isi Ulang Pulsa Melalui Voucher Fisik

Kamu tentu sudah tahu donk untuk mengisi ulang pulsa melalui voucher fisik, kamu harus mendapatkan kode voucher yang tertea di belakang voucher.

Well, sebenarnya, tidak harus kamu memiliki voucher fisik untuk mengisi pulsa, yang penting di sini adalah kode vouchernya. Kode inilah yang berisikan sejumlah nominal pulsa yang akan diisikan ke nomor simPATI atau Kartu AS. Bila berhasil, tentu saldo pulsa nomor kamu akan bertambah.

Selanjutnya kamu bisa memasukkan kode voucher dengan cara:

  1. Hubungi 888, dan ikuti instruksi selanjutnya
  2. Ketik *133*KodeVoucher# lalu tekan OK/Yes

Cara Isi Ulang Pulsa via MKIOS

MKIOS adalah sebuah sistem isi ulang pulsa elektrik yang didevelop Telkomsel untuk produk prabayar Telkomsel, dalam hal ini simPATI dan Karu AS. Pulsa akan langsung masuk ke nomor pengguna dan akan ditambahkan langsung ke saldo.

Nah, untuk bisa melakukan isi ulang pulsa elektrik kamu harus punya chip MKIOS, yang bisa didapatkan dari Dealer-Dealer Telkomsel se-Indonesia. Chip MKios diperuntukkan bagi reseller atau penjual pulsa bukan pelanggan Telkomsel umumnya.

Adapun syntax kueri ke server Telkomsel menggunakan metode USSD (Unstructured Supplementary Service Data).

Contoh isi ulang pulsa 50 Ribu ke nomor simPATI 0812345678 dengan PIN 1234:
*777*0812345678*50*1234#

lalu tekan OK/Yes, maka dalam 2 detik pulsa akan langsung bertambah.


Cara Isi Ulang Pulsa Melalui SMS Banking

Isi ulang pulsa simPATI dan Kartu AS dapat pula dilakukan melalui SMS Banking. Caranya pun semudah SMS.

Cara Isi Ulang Pulsa simPATI Melalui SMS Banking Mandiri
Untuk isi pulsa melalui SMS Banking Mandiri, cukup ketik:
ISI [Kode Rekening] [Nomor HP] [Nilai Voucher/Pulsa]
dan kirim ke 3355.

Contoh apabila kamu melakukan isi pulsa Rp 50Ribu melalui Mandiri SMS ke nomor 0812345678:
ISI 1 0812345678 50000
dan kirim ke 3355.

Selanjutnya tinggal konfirmasi PIN dengan mengikuti instruksi selanjutnya dari SMS Banking Mandiri.

Sedangkan jika melalui SMS Banking BCA, kamu bisa isi sendiri pulsa kamu dengan cara ketik:
PULSA [Nominal] [Kode Akses]

Contoh:
PULSA 50 1234
dan kirim SMS tersebut ke 69888

Yang dimaksud dengan kode akses adalah 4 digit kode yang kamu masukkan saat pendaftaran SMS Banking di ATM BCA.


Cara Isi Ulang Pulsa Melalui Internet Banking

Isi ulang pulsa pun bisa dilakukan melalui internet banking. Nominal yang bisa diisi dengan cara internet banking mulai dari 25.000, 50.000, 100.000, 150.000, 200.000, 300.000, 500.000, 1.000.000.

Cara Is Ulang Pulsa Telkomsel Melalui Internet Banking BCA

Contoh bila melalui Klik BCA, kamu akses menu "Pembelian", lalu pilih submenu "Pulsa Isi Ulang", selanjutnya pilih jenis voucher simPATI, nominal dan masukkan nomor simPATI kamu, dan ikuti instruksi seterusnya.

Sedangkan jika kamu menggunakan Internet Banking Mandiri, klik menu "Beli" dan pilih submenu "Pulsa Telepon/HP", selanjutnya pada kotak "Penyedia Jasa", pilih "Telkomsel simPATI". Jangan lupa masukkan nomor simPATI yang akan di-isi pulsa-nya dan ikuti instruksi selanjutnya.

Cara Isi Ulang Pulsa simPATI melalui Internet Banking Mandiri

Untuk Internet Banking BCA selain diakses melalui web, juga bisa diakses langsung melalui smartphone di https://m.klikbca.com/.


Cara Isi Ulang Pulsa Melalui Server Pulsa

Kecangggihan teknologi sekarang semakin mempermudah masyarakat mendapatkan layanan yang cepat dan praktis. Seperti halnya isi pulsa melalui server pulsa elektrik semua operator.

Kamu cukup mengirimkan SMS atau pesan YM (Yahoo Messenger) ke SMS Center ataupun engine YM milik server dengan format tertentu. Selanjutnya dalam 3-4 detik, pulsa otomatis bertambah.

Cara Isi Ulang Pulsa Melalui Server Pulsa Elektrik
Beda dengan MKIOS yang hanya bisa mengisi pulsa nomor simPATI atau Kartu AS saja, pengisian pulsa melalui server pulsa bisa untuk semua produk operator, baik GSM maupun CDMA; mau simPATI, AS, XL, Mentari, IM3, AXIS, Tri, Flexi, Esia, SmartFren, Hepi, Ceria, dll. Bahkan voucher game dan pulsa listrik / PLN pun sudah bisa dilayani melalui server pulsa. Canggih kan?

Yang penting kamu memiliki sejumlah deposit saldo yang cukup, kamu bisa melakukan isi pulsa apa saja, mulai dari pulsa HP, pulsa listrik prabayar, sampai voucher game, bahkan pembayaran tagihan PLN, Telkom dan HALO.

Kita ambil contoh format isi pulsa di J2PULSA.COM sebagai berikut:

[KodePulsa].[NoTujuan].[PIN]

Sebagai contoh jika kamu ingin melakukan isi pulsa 50Ribu ke nomor simPATI 0812345678 dengan PIN 123, maka:

S50.0812345678.123

ATAU

50.0812345678.123

selanjutnya tinggal kirim deh ke SMS Center J2PULSA atau ke YM engine-nya. Yang dimaksud PIN di sini adalah kode yang kamu dapatkan saat kamu mendaftar secara GRATIS.

Saldo pulsa otomatis akan bertambah, dan kamu akan menerima SMS balasan dari server bahwa isi pulsa kamu berhasil, juga informasi saldo deposit yang tersisa.


Dan selain dengan cara-cara di atas, isi ulang pulsa Telkomsel juga dimungkinkan melalui m-Banking via Menu STK, dan melalui ATM Bank.

No comments:

Post a Comment