Thursday, October 25, 2012

iPad Mini = iPad 2 + Ganti Baju

iPad Mini telah resmi dirilis pada tanggal 23 Oktober 2012 di San Jose, California, AS. Produk berukuran layar 7,9 inchi ini akan tersedia di pasaran pada 2 November nanti.

Apple iPad Mini akan dipasarkan di 34 negara dengan 4 diantaranya adalah negara Asia, yakni Singapura, Jepang, Korea dan Hongkong.

Dan lagi-lagi sama seperti Apple iPhone 5, Indonesia dianaktirikan oleh Apple. Hingga saat artikel ini ditulis, belum ada kejelasan kapan iPad Mini dipasarkan di Indonesia.

Sepertinya konsumen iPad di Tanah Air harus banyak bersabar menanti. Pasalnya menurut rumor yang beredar, Apple iPad Mini baru akan singgah ke Indonesia pada awal tahun 2013. So, buat kamu yang gadget-freak dan udah ngebet abis dengan iPad 7,9 inchi, langsung aja terbang ke Singapore. Hehe..

IPad

Mengenai judul di atas, rasanya tidaklah keliru mengingat iPad Mini mempunyai resolusi layar (1024 x 768) dan prosesor A5 dual-core, sama dengan iPad 2. Yang berbeda hanyalah dari sisi desain, berat, kamera dan beberapa penambahan fitur.

Memang di iPad Mini ini, Apple berpendapat bahwa dengan ketebalan hanya 7,2 mm, iPad Mini lebih tipis daripada sebatang pensil, namun tepi atas dan bawah layarnya masih berdesain tebal.

Untuk urusan berat, iPad Mini memang lebih ringan hampir 2 kalinya dari iPad 2. Selisih berat ini adalah hasil dari dipangkasnya dimensi iPad Mini bukan karena perbaikan teknologi. Padahal pendahulunya New iPad alias iPad 4 lebih canggih daripada iPad Mini.

Apple menyematkan kualitas kamera yang sama dengan iPad 4 ke tubuh Apple iPad Mini, alhasil iPad Mini memiliki kamera utama dengan resolusi 5 MP, jauh lebih canggih daripada iPad 2. Pun fitur pengenalan wajah (face detection), autofocus, aperture f/2.4 telah ditambahkan ke kamera belakang. Video dengan kualitas 1080p pun bisa direkam melalui kamera ini.

Dengan tetap menghadirkan kamera depan yang memiliki resolusi juga lebih tinggi dari iPad 2, yakni 1,2MP, kamera ini dapat merekam video dalam kualitas 720p. Sementara itu, Apple juga membanggakan baterai iPad Mini yang disebut sebagai baterai single-cell paling besar dan paling tipis yang pernah didesain insinyur Apple. Baterai ini mampu bertahan hingga 10 jam pengoperasian.

So, setelah melihat preview dari iPad Mini, bisa disimpulkan bahwa Apple memang menyasar untuk bersaing dengan pasar Amazon Kindle Fire dan Google Nexus 7. Hanya saja bila diperhatikan dari segi harga, Kindle Fire dan Nexus 7 jauh lebih murah dengan harga mulai dari US$ 159 s.d US$ 199, bandingkan dengan iPad Mini dengan harga mulai US$ 329.

Dengan harga segitu, tentu tidak menjadi ancaman bagi Kindle Fire maupun Nexus 7, malah bisa-bisa iPad Mini memakan 'kue'nya sendiri. Coba bandingkan iPad Mini dengan iPad 2 seperti dalam tabel.
Tabel iPad Mini vs iPad 2

Sama dengan Apple iPhone 5, iPad Mini juga menggunakan Nano SIM Card. Untungnya kali ini sejumlah operator seluler telah siap, di antaranya XL dan AXIS.

Buat kamu yang menggunakan operator seluler yang lain, namun udah nggak sabar mengoprek iPad Mini atau iPhone 5, kamu bisa potong sendiri kok, seperti di sini Cara Memotong SIM Card Menjadi Nano SIM Card.

No comments:

Post a Comment