Friday, April 6, 2012

Gosok Gigi Secara Teratur Dapat Cegah Serangan Jantung


alt
Menggosok gigi secara teratur membantu menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan pembekuan darah. (Alamy)

Tidak menggosok gigi dengan benar dapat menyebabkan masalah jantung yang fatal, menurut para ilmuwan.
Banyaknya bakteri di mulut dapat menyebabkan pembekuan darah shingga memicu kondisi aneh endokarditis infektif yang mengancam jiwa.
Para peneliti telah memaparkan bagaimana bakteri streptokokus Gordonii dapat memasuki aliran darah melalui gusi berdarah, pada konferensi Masyarakat General Microbiology.
Dalam darah, bakteri tersebut dapat memicu pembekuan darah. Tersembunyi di dalam gumpalan-gumpalan beku, bakteri tersebut terlindung dari sistem kekebalan tubuh dan antibiotik.
Jika gumpalan-gumpalan beku itu tumbuh berada pada katup jantung, hal ini dapat menyebabkan endokarditis infektif – dan ketika katup terinfeksi dapat menyebabkan kerusakan serius dan fatal.
Para ilmuwan dari Bristol University dan Royal College of Surgeons di Dublin berharap akan dikembangkannya obat baru untuk mencegah pembekuan darah dan endokarditis infektif.
Sebuah studi 2010 menemukan kebersihan mulut yang buruk erat kaitannya dengan peningkatan risiko kondisi jantung lain seperti serangan jantung maupun stroke.
Profesor Damien Walmsley, dari British Dental Association, mengatakan: "Temuan ini berkontribusi terhadap pemahaman kita tentang hubungan antara penyakit gusi dan penyakit jantung. Hal ini juga menggarisbawahi pentingnya menggosok gigi secara teratur.”

No comments:

Post a Comment